desain grafis software

Jenis-Jenis Software Serta Fungsinya, Harus Ada di Komputermu

Pada era teknologi saat ini, keberadaan komputer tentu menjadi hal yang sangat penting. Dengan multifungsi yang dimiliki oleh komputer, keberadaan komputer menjadi barang yang wajib  dimiliki pada tiap instasi. Maka tidak jarang, komputer sering kita jumpai di supermarket, kantor, bank, sekolah dan sebagainya.  Tapi, tanpa adanyasoftware di sebuah komputer, komputer tidak akan berjalan maksimal. Software atau perangkat lunak seperti Windows atau Linux bisa disebut sebagai nyawa dari komputer, di mana tanpa diinstal sistem operasi tersebut maka komputer tidak dapat dijalankan

software ilustrasi

Software adalah suatu perangkat lunak berupa program komputer yang berfungsi untuk melakukan tugas-tugas khusus, seperti membuat dokumen aplikasinya adalah microsoft word, mengedit foto seperti photoshop, membuat laporan keuangan, atau aplikasi hiburan seperti game. Software sendiri memiliki beberapa jenis-jenis software seperti software animasi, software pengolah kata, software browsing dan lain-lain. Apa saja jenis-jenis software? Berikut jenis-jenis software yang telah di rangkum dari berbagai sumber.

Pengertian Software

Sebelum mengetahui jenis-jenis software, kenali terlebih dahulu pengertian software serta fungsinya berikut ini. Software memang tidak terlihat secara fisik, tetapi perangkat lunak ini berupa program yang berguna untuk menjalankan perintah atau intruksi. Software juga bisa dikatakan sebagai pengontrol atau penggerak perangkat keras atau yang biasa disebut dengan hardware. Software dalam hal ini sebagai penafsir setiap perintah software lain ke dalam bahasa mesin dan mengidentifikasi program sehingga mampu diterima oleh hardware. 

Hardware adalah salah satu komponen dari sebuah komputer yang alat nya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau berbentuk nyata. Hardware berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi seperti komputer, mouse, keyboard dan lain-lain. Seiring dengan perkembangan jaman maka semakin banyak program-program baru yang mumpuni bermunculan. Para generasi muda yang memiliki keahlian di bidangi ilmu dan teknologi komputer ini mampu membuat software yang membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan efisien. Nah, pada artikel kali ini akan membahas jenis-jenis software yang bisa kamu ketahui. Nah, selanjutnya akan membahas jenis-jenis software yang bisa kamu ketahui.

Jenis-jenis Software Pengolah Kata

images

Jenis-jenis software yang pertama ialah software pengolah kata. Software pengolah kata ialah program komputer yang dipakai untuk melakukan pengolahan terhadap kata maupun dokumen. Aplikasi ini erat kaitannya dengan penulisan, atau segala sesuatu yang ada kaitannya dengan teks. Contoh software pengolah kata ialah Microsoft Word, Lotus Word Pro dan Notepad.  Software pengolah kata yang sering dijumpai ialah Microsoft Word. Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi untuk pengolahan data yang biasa digunakan untuk membuat laporan, membuat dokumen berbentuk surat kabar, membuat label surat, membuat table pada dokumen, dan lan-lain.

Tetapi jika kamu tidak ingin menginstal software tersebut, kamu bisa mengakali dengan Google Docs. Google Docs bentuknya menyerupai seperti Microsoft Office. Program besutan google ini terdiri dari tiga macam, yaitu Docs, Sheets, dan Slides. Ketiganya dapat menggantikan Word, Excel, dan PowerPoint di Microsoft Office.

Karena Google Docs merupakan produk Google, maka kamu harus mempunyai akun Google untuk bisa mengaksesnya. Menariknya, semua pekerjaan di Google Docs, dapat disimpan di Google Drive. Google Docs bertengger di urutan pertama program alternatif gratis pengganti Microsof Office, kecuali jika kamu tidak suka bekerja di program yang berbasis peramban atau browser ini. Kamu bisa menginstall software pengolah kata seperti yang disebutkan tadi. 

Jenis-jenis Software Browsing

vpn browser devices

Web browser kini menjadi sesuatu yang sangat diperlukan pengguna internet untuk terhubung di dunia siber. Maka, penting untuk kamu memiliki software browsing di komputer kamu. Jenis-jenis software browsing yang sering digunakan ialah Windows Internet Explorer, GoogleChrome ataupun Mozilla Firefox.

Namun, rata-rata hampir 60% pengguna internet di dunia menggunakan Chrome sebagai web browser mereka. Browser besutan Google hampir digunakan di seluruh negara khususnya negara-negara yang ada di benua Asia, Amerika dan Eropa. Google Chrome adalah sebuah peramban web sumber terbuka yang dikembangkan oleh Google dengan menggunakan mesin rendering WebKit. Proyek sumber terbukanya sendiri dinamakan Chromium. 

Penulis : Tyas Titi Kinapti

Copy right : https://www.liputan6.com/tekno/read/3921656/jenis-jenis-software-serta-fungsinya-harus-ada-di-komputermu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× Hubungi Kami via Whatsapp