netflix2

Netflix Masuk Indonesia di Waktu yang Tepat

Layanan video streaming berbayar Netflix tengah ekspansi gila-gilaan. Tercatat ada 130 negara baru yang disambangi, termasuk Indonesia. Nah, khusus Indonesia, kedatangan Netflix dinilai datang di waktu yang pas.

Menurut Dimitri Mahayana, Chief Lembaga Riset Telematika Sharing Vision, tepatnya momentum kedatangan Netflix tersebut seiring dengan semakin matangnya layanan broadband (internet cepat) di Indonesia.

Jika beberapa waktu, masyarakat Indonesia baru bisa mencicipi kecepatan internet pas-pasan dari 2G dan 3G tetapi kini tidak lagi. Sebab sudah banyak wilayah yang terlayani dengan jaringan 4G LTE yang lebihngebut.

“Layanan broadband sudah mendukung Netflix. Baik yang fixed broadband maupun wireless broadband. Menurut saya, dampaknya bisa signifikan,” kata Dimitri saat diwawancarai detikINET, Jumat (8/1/2016).

Ditambah lagi, Indonesia kini tengah dilanda demam startup dan e-commerce yang sedikit banyak juga berpengaruh dalam mengedukasi masyarakat dalam menggunakan layanan online.

“Pertama, kesuksesan bukalapak, Go-Jek, zenius.net (bimbel online), traveloka dan lainnya. Ini menunjukkan bahwa Indonesia memasuki era e-commerce. Pelanggan di Indonesia sudah terbiasa menggunakan layanan online. Mulai dari jual beli barang online, pemesanan ojek dan taksi, bimbingan belajar hingga jual beli tiket,” jelas pria yang juga menjadi dosen ITB tersebut.

“Kedua, kesiapan infrastruktur broadband,” pungkasnya.

Hadirnya Netflix di Indonesia sendiri menjadi bagian dari ekspansi bisnis perusahaan yang berbasis di Los Gatos, California, Amerika Serikat itu. Selain Indonesia, ada 130 negara lain yang disambangi layanan ini. Kini total 190 negara yang telah disambangi oleh Netflix.

Menurut pendiri and Chief Executive Netflix Reed Hastings, dengan hadirnya Netflix di banyak negara, pihaknya kini menambah dukungan beberapa bahasa. Total saat ini ada 17 bahasa, di antaranya Inggris, Arab, Korea, China dan lain-lain. Ke depannya, Netflix berjanji akan makin menambah lebih banyak lagi.

Di negara asalnya, biaya berlangganan per bulan Netflix mulai dari USD 7,99 untuk paket basic, USD 9,99 untuk paket standar dan USD 11,99 untuk paket premium.

Sementara di Indonesia, layanan ini memberlakukan tarif sama. Untuk paket standar Rp 109 ribu, paket premium Rp 139 ribu, paket premium Rp 169 ribu. Namun untuk bulan pertama, Netflix memberikan akses gratis selama sebulan setelah pengguna melakukan registrasi.

Setelah berlangganan, pengguna dapat menyaksikkan Netflix di berbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, desktop, smart TV hingga konsol game. Selain film layar lebar, ada banyak judul serial yang dapat dinikmati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×

Halo !

Silahkan klik tautan dibawah ini untuk bantuan langsung dari admin kami

 

× Hubungi Kami via Whatsapp