4 dari 10 Konsumen Masih Pakai Windows XP atau Vista - Distributor & Reseller resmi software original, jual harga murah di Jakarta & melayani se-Indonesia

Shopping cart

windows 10 s splash 100720578 large

4 dari 10 Konsumen Masih Pakai Windows XP atau Vista

Windows lawas ternyata masih memiliki pengguna.

download

Bahkan untuk generasi paling lawas sekalipun, seperti Windows Xp dan Vista. Periset Kaspersky mengungkap, empat dari 10 pengguna Windows masih menggunakan sistem operasi lawas Microsoft itu.

Padahal, Microsoft telah merilis Windows 10 yang menjadi versi paling baru dengan peningkatan yang sangat jauh tentunya dibanding Windows XP atau Vista

Kaspersky mengungkap, sebanyak 41 persen pengguna OS Windows menggunakan versi yang hampir usang, atau sudah tidak didukung, seperti Windows XP dan Windows 7.

Tidak hanya pengguna pribadi, sebanyak 40 persen bisnis kecil dan 48 persen bisnis menengah juga masih mengandalkan sistem operasi lawas tersebut. Itu artinya, mereka tidak akan mendapat pembaruan resmi dari Microsoft.

Hal ini membuka peluang serangan siber lebih besar karena tidak ada penambal keamanan yang rutin diberikan vendor. Khusus untuk Windows 7, memang masih menjadi favorit pengguna Windows, kendati dukungannya akan berakhir pada Januari 2020 mendatang.

Bahkan, adopsi Windows 7 menempati urutan kedua setelah Windows 10 dan jauh lebih tinggi dibanding Windows 8.

Menurut data yang dihimpun StatCounter dari Juli 2018 – Juli 2019, pangsa pasar Windows 7 sebesar 31,22 persen, Windows 10 sebesar 58,63 persen, dan Windows 8 justru hanya 5,59 persen.

Untuk Windows lama masih digunakan 2 persen konsumen biasa, dan 1 persen bisnis sangat kecil. Sedangkan Windows Vista, masih memiliki 0,3 persen pengguna biasa dan 0,2 persen pengguna dari pelaku bisnis mikro.

Data tersebut menunjukkan masih banyaknya pengguna Windows lawas atau versi yang hampir tidak didukung lagi, yakni Windows 7.

Menurut Alexey Pankratov, Enterprise Solutions Manager Kaspersky, alasan ekonomi bisa menjadi latar belakangnya, dihimpun KompasTekno dari Tech Radar, Rabu (28/8/2019).

Orang-orang mungkin memilih bertahan dengan versi lama ketimbang harus membeli Windows versi baru, yang bisa jadi perangkat jadulnya tidak mendukung.

Padahal, menurut Pankratov, jika terjadi serangan siber, kerugian yang diderita bisa lebih tinggi dibanding harga upgrade ke versi Windows terbaru.

“Itulah alasannya kami merekomendasikan pengguna untuk mengganti versi yang sudah didukung, dan memastikan pembaruan keamanan terpasang selama masa transisi,” jelas Pantrov.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “4 dari 10 Konsumen Masih Pakai Windows XP atau Vista”, https://tekno.kompas.com/read/2019/08/28/19180027/4-dari-10-konsumen-masih-pakai-windows-xp-atau-vista
Penulis : Wahyunanda Kusuma Pertiwi
Editor : Reska K. Nistanto